Pangdam XIV/Hsn Sambut Kedatangan Atase Darat Australia di Makodam, Bahas Rencana Penanganan Bencana Alam

oleh -558 Dilihat

Makassar, lontaracelebes.id– Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin menerima kunjungan Atase Darat Australia Colonel Stephen Daley beserta rombongan, bertempat di Ruang Kehormatan Makodam, Kota Makassar. Selasa (7/02/2023).

Dalam kesempatan itu, Mayjen Totok seraya memperkenalkan para PJU juga menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan suatu kehormatan bagi Kodam XIV/Hasanuddin, sehingga diharapkan dapat membuka kesempatan untuk mempererat hubungan dan meningkatkan kerjasama, baik antar negara maupun dalam lingkup Angkatan Darat secara khusus.

Adapun kunjungan tersebut bertujuan, untuk meninjau dan menyempurnakan tentang respon *rencana penanganan bencana alam* dan skenario lain yang mungkin memerlukan evakuasi warga negara Australia yang ada di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin.

Hal tersebut juga searah dengan rencana kontijensi Kodam XIV/Hasanuddin, tentang tugas pokok TNI sebagaimana yang diatur dalam pasal 7 Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang diantaranya adalah membantu Pemerintah menangani bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Dalam suasana keakraban, Pangdam sembari mencicipi Barongko kue khas Sulsel bersama Atase Darat Australia, mengungkapkan bahwa dengan hubungan bilateral diantara kedua negara yang cukup erat selama ini telah sama-sama dirasakan oleh kedua pihak.

“Kerjasama kedua negara memiliki manfaat timbal balik, karena selain Australia siap membantu dan menjamin kesejahteraan rakyat Indonesia, dengan adanya kerjasama dengan Kodam XIV/Hasanuddin juga diharapkan dapat menjamin kesejahteraan dan keamanan warga negara Australia yang ada di daerah ini”, Tandasnya.

Sementara itu, Colonel Stephen mengucapkan terima kasih kepada Pangdam beserta para PJU Kodam yang telah menerima dan menyambut baik kedatangannya beserta rombongan di kota angin mamiri.

“Kami berharap dengan hubungan dan kerjasama yang telah terjalin dapat memberikan dampak positif bagi kedua negara sehingga kedepannya hubungan kerjasama bilateral dapat terus terjalin”, Ungkapnya.

Mengakhiri kegiatan kunjungan tersebut, ditandai dengan penyerahan plakat antara kedua pihak dan foto bersama, selanjutnya Delegasi kedutaan Australia direncanakan akan melaksanakan pertemuan dengan Departemen Pemerintah Indonesia dan juga akan berkunjung ke lokasi infrastruktur kritis seperti Bandara, Pelabuhan dan Rumah Sakit.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.