Polres Gowa Gelar Simulasi Sispamkota Jelang Pemilu 2024

oleh -376 Dilihat

Gowa,lontaracelebes.id–Polres Gowa menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai persiapan menjelang Pemilu 2024. Simulasi tersebut berlangsung di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa, Jalan Andi Mallombasang Kelurahan Sungguminasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa pada hari Rabu, (18/10/ 2023).

Dalam kegiatan ini, 200 personel Polres Gowa, Pleton Brimob Polda Sulsel, dan personel Kodim 1409/Gowa berpartisipasi, dengan di saksikan oleh Kapolres Gowa AKBP R.T.S Simanjuntak, S.H., S.I.K., M.M., M.I.K., Bupati Gowa Adnan Purichta YL, Dandim 1409/Gowa, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Gowa serta tamu undangan.

Simulasi Sispamkota ini adalah langkah antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Pemilu 2024. Dalam skenario simulasi, terdapat situasi kerusuhan dan unjuk rasa yang menuntut perhitungan ulang karena diduga terjadi kecurangan dalam proses Pemilu. Massa tersebut kemudian berbentrok dengan petugas Kepolisian.

Pengamanan dalam simulasi ini ditingkatkan dengan melibatkan pasukan pleton dalmas awal dan pleton negosiator. Ketika massa semakin tidak terkendali dan terjadi pembakaran serta pelemparan batu, petugas menggunakan kendaraaan taktis Armoured Water Cannon (AWC) Sat Samapta Polres Gowa untuk membubarkan massa.

Situasi semakin anarkis, dan untuk mengatasi hal ini, Tim Patroli Perintis Presisi Sat Samapta Polres Gowa dan Wanteror, Den 45 Patmor dan PHH Sat Brimobda Polda Sulsel turun tangan dengan menggunakan tembakan gas air mata untuk membubarkan massa. Melalui tindakan ini, konsentrasi massa terpecah sehingga situasi dapat kembali kondusif.

Kapolres Gowa menyatakan, bahwa pelaksanaan simulasi Sispamkota ini adalah bagian dari persiapan satuan pengamanan menghadapi kegiatan Pemilu 2024, yang memerlukan keterlibatan mereka di Kabupaten Gowa. Skenario dalam pengamanan kantor KPU dan Bawaslu telah dilatihkan untuk menghadapi Operasi Mantap Brata Pemilu 2024 di Kabupaten Gowa.

Kapolres juga berharap, agar situasi pengamanan Pemilu di wilayah Kabupaten Gowa dapat berjalan aman dan kondusif tanpa ancaman. Namun, jika terjadi gangguan atau ancaman, satuan pengamanan telah siap untuk mengatasi situasi tersebut,”Jangan ada pihak yang membuat Gowa menjadi tidak aman, Siapa pun itu, Saya akan tindak tegas,” tegas Kapolres.

Kapolres mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel yang telah berpartisipasi dalam latihan dan pelaksanaan simulasi ini.(**)

Humas Polres Gowa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.