Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM Pemilu di Jajaran Kodam XIV/Hsn, Pangdam XIV/Hsn, Kenalkan Inovasi Buku Saku Pedoman Tugas Bagi Prajuritnya Hadapi Pemilu 2024

oleh -271 Dilihat

Makassar, lontaracelebes.id– Yakinkan pesta demokrasi berjalan lancar, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., memimpin apel gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan (PAM) Pemilu 2024 di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin, bertempat di lapangan M. Yusuf Makodam, Kota Makassar. Rabu, (8/11/2023).

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan secara tersebar di seluruh jajaran TNI AD melalui video conference (Vicon), dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., terpusat di lapangan Silang Monas, Jakarta.

Dalam sambutannya, Kasad menyampaikan bahwa kegiatan ini bermakna sangat penting bagi TNI AD, merupakan ajang untuk mengukur kesiapsiagaan satuan jajaran TNI AD dalam melaksanakan tugas, disamping sebagai komponen utama dalam pertahanan negara, lebih khususnya dalam mengawal pesta demokrasi mendatang.

“Pada kesempatan ini, kita bersama-sama berkomitmen bersama menyatukan tekad melalui deklarasi Pemilu Damai 2024 untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia, dengan harapan masyarakat seluruh Indonesia bisa melaksanakan Pemilu 2024 dengan aman, damai guna melahirkan demokrasi yang bermartabat”, Tuturnya.

Ketika disapa melalui vicon, Mayjen Totok melaporkan mengenai berbagai kesiapan yang telah dilakukan Kodam Hasanuddin dalam mewujudkan Pemilu serentak 2024 yang Luber, Jurdil, aman dan lancar, yakni telah menyiapkan seluruh satuan hingga jajaranya untuk di BP-kan di jajaran Korem. “Kami juga sudah melaksanakan deklarasi bersama, dimana dalam deklarasi tersebut kami telah membuat Logo Guyub Rukun dan sudah disepakati seluruh Forkopimda 3 Provinsi”, Jelasnya.

Selain itu, Pangdam juga menyampaikan jika pihaknya telah melatihkan seluruh personelnya yang terlibat langsung dan bahkan sebelumnya Ia telah menyidak salah satu satuan demi memastikan kesiapan dalam mengamanankan Pemilu mendatang. Dan yang terbaru, Jenderal bintang dua lulusan terbaik Seskoad tahun 2002 ini telah membuat inovasi buku saku yang berisikan pedoman pelaksanaan tugas bagi Prajuritnya dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Kami juga sudah membuat buku saku Pemilu dan sudah terdistribusi kepada anggota, yang mengacu pada UU TNI No. 34 Tahun 2004 dan UU Pemilu Tahun 2017, dengan harapan prajurit di lapangan berpedoman kepada buku yang kami buat dan mampu melaksanakan tugas secara optimal”, Tandasnya.

Mendegar penjelasan tersebut, orang nomor satu di Kodam XIV/Hasanuddin ini mendapatkan apresiasi langsung dari Kasad atas kesiapsiagaan, termasuk inovasi buku saku yang merupakan baru pertama kali dilakukan di jajaran TNI AD. “Semua kegiatan saya monitor, tetap koordinasi dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat, KPU dan Bawaslu di sana. Tentang TPS yang tersebar di Kepulauan, bagus sudah direncanakan, jadi yang kurang bisa di BP-kan personel organik di sana, Terima kasih Pangdam , salam hormat untuk semua Prajurit dan masyarakat di sana”, Tutup Jenderal Agus melalui vicon.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.