Puncak Penanaman Mangrove Nasional, Pangdam XIV/Hsn Menginginkan Babinsa dan Babinkamtibmas Turut Memelihara Pertumbuhan Mangrove

oleh -844 Dilihat

Kendari, lontaracelebes.id– Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr. (Han)., didampingi sejumlah Pejabat Utama (PJU) Kodam XIV/Hasanuddin, bersama unsur Forkopimda Sulawesi Tenggara melaksanakan Penananam Bibit Magrove Serentak, bertempat di Kel. Watu-watu, Kec. Kendari Barat, Kota Kendari. Senin (15/05/2023).

Kegiatan yang dilakukan oleh Pangdam tersebut merupakan agenda kegiatan Puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di seluruh Indonesia, yang dipimpin oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melalui Video Conference (Vicon), dengan mengangkat tema “Mangrove For The Better Live”.

Dalam kesempatan ini Pangdam menuturkan, sesuai dengan harapan dari pemerintah dan juga harapan bersama bahwa penanaman mangrove tersebut, nantinya akan bermanfaat untuk semuanya. Menurutnya di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin sendiri dari mulai periode Maret sampai dengan Mei sudah menanam di 24 titik, dengan jumlah pohon yang ditanam sudah berkisar 46.000.

Lebih lanjut Pangdam berharap, ke depan prosentase kehidupan dari mangrove ini dapat lebih bagus lagi, Ia pun menginginkan pemeliharaan mangrove ini menjadi perhatian khusus dengan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas, sehingga pertubuhannya bisa sesuai harapan.

“Diharapkan, mudah-mudahan nanti setelah ditanam Danrem bisa berikan nama satu mangrove satu Babinsa, jika mati supaya diganti, syukur-syukur kalau dari Polda juga ada Babinkamtibmas, diikat diatasnya kalau ada 1.000 berarti 500 Kodim dan 500 dari Kepolisian, dan diberikan nama, apabila mati agar diganti, begitu pertumbuhannya bagus dan paling tinggi, personel tersebut diberikan reward”, Tandasnya.

Mayjen Totok juga mengharapkan kepada masyarakat sekitar untuk senantiasa merawat dan melestarikan kawasan hutan mangrove mengingat mangrove memiliki banyak manfaat yang sangat besar dalam membantu kelangsungan hidup bagi mahluk hidup, terutama di daerah-daerah pesisir pantai.

Selain itu, Jenderal bintang dua ini juga mengingatkan dan menghimbau kepada masyarakat sekitar agar dapat bekerjasama dalam menjaga kondusifitas di tahun Pemilu 2024 mendatang. “Kita tunjukkan bahwa kita semua yang hadir di sini siap untuk menjaga kondusifitas wilayah, siap untuk mengamankan dan bekerjasama, untuk menciptakan situasi negara ini tetap aman, nyaman, dan hebat ke depan”, Cetusnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra mengungkapkan bahwa jajarannya menyambut baik dan sangat mengapresiasi langka antisipatif dan responsif yang dilakukan oleh Pangdam XIV/Hasanuddin beserta jajaran yang mendorong semua Korem di wilayahnya untuk melaksanakan kegiatan penanaman mangrove secara serentak.

“Kami atas nama Pemda dan masyarakat Sultra menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada bapak Pangdam XIV/Hasanuddin yang telah menginisisasi pelaksanaan kegiatan penanaman magrove serentak khususnya di Prov Sultra. Semoga adanya kegiatan ini kita dapat menginspirasi dan mendorong kecintaan masyarakat dalam menjaga lingkungan dan menjaga hutan mangrove”, Tuturnya.

Tidak hanya menanam bibit mangrove, dalam kegiatan tersebut juga disisihkan dengan kegiatan pemberian tali asih bantuan Pangdam XIV/Hasanuddin kepada anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar daerah tersebut.(**)

Editor//admin// lontaracelebes.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.