Revitalisasi Kompleks Makam, Bupati Gowa Sampaikan Apresiasinya ke Jajaran Polda Sulsel

oleh -213 Dilihat

GOWA,lontaracelebes.id—Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri peresmian Revitalisasi Makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingalloang oleh Polda Sulsel dan Polres Gowa di Kompleks Makam Arung Palakka, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Rabu (17/4).

Pada kesempatan tersebut Bupati Adnan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Polda Sulawesi Selatan dan Polres Gowa atas inisiasinya dalam melakukan revitalisasi atau renovasi kompleks makam tersebut.

“Meskipun makam ini bukan aset dari Pemerintah Kabupaten Gowa, namun atas nama pemerintah dan masyarakat kami menyampaikan rasa bangga dan terima kasih yang setinggi-tingginya karena makam ini telah direvitalisasi oleh Bapak Kapolda bersama jajaran termasuk jajaran Polres Gowa, Insya Allah kita adalah orang-orang yang tidak akan pernah melupakan sejarah dari kedua pahlawan ini karena kegigihannya mampu memerdekakan republik indonesia termasuk kita yang ada di Sulawesi Selatan ini,” ungkapnya.

Adnan menyampaikan Gowa memiliki tiga pahlawan nasional yakni Sultan Hasanuddin, Syekh Yusuf Tuanta Salamaka, dan Karaeng Pattingalloang yang dikenal dengan kecerdasaannya dan merupakan ayah angkat dari Raja Bone Arung Palakka yang makamnya juga terletak di Kabupaten Gowa.

“Hubungan antara Karaeng Pattingalloang dan Arung Palakka tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, ini sebagai tanda bahwa orang Bone dan Gowa memiliki kekeluargaan yang baik. Semoga melalui momentum peresmian revitalisasi ini persaudaraan kita semakin kuat untuk membangun Sulawesi Selatan dan Indonesia lebih baik di masa yang akan datang,” harapnya.

Sementara Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian R Djajadi mengatakan revitalisasi ini dilakukan untuk terus merawat situs atau wisata religi di Sulawesi Selatan salah satunya di Komplek Makam Arung Palakka dan Karaeng Pattingalloang Kabupaten Gowa ini.

“Tujuan utama revitalisasi ini adalah menumbuhkan nilai-nilai sejarah sekaligus meningkatkan informasi terkait kerajaan yang ada di Sulsel, agar generasi kita memiliki kebanggaan terhadap sejarah kepahlawanan kita,” katanya.

Usai melakukan peresmian, Kapolda Sulsel bersama Pj Gubernur Sulsel, Bupati Gowa, Pj Bupati Bone, Kapolres Gowa dan jajaran melakukan ziarah makam Arung Palakka dan Makam Karaeng Pattingalloang yang dilajutkan dengan peresmian Baruga Bhara Daksa sekaligus pemberian bingkisan kepada beberapa masyarakat sekitar.(*/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.